1-2-3 Magic (Effective Discipline for Children 2-12)

1-2-3 Magic (Effective Discipline for Children 2-12)

B. Indonesia 1. BUATLAH SURAT PRIBADI YANG DI TUNJUKKAN UNTUK SEORANG TEMAN LAMA

2. BUATLAH SURAT DINAS YANG TUJUAN PEMBUATNYA UNTUK PERMOHONAN IZIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

3. CARILAH PERBEDAAN ANTARA SURAT PRIBADI PADA HALAMAN 254-255 ( BUKU BAHASA INDONESIA KELAS 7)​

1. BUATLAH SURAT PRIBADI YANG DI TUNJUKKAN UNTUK SEORANG TEMAN LAMA

2. BUATLAH SURAT DINAS YANG TUJUAN PEMBUATNYA UNTUK PERMOHONAN IZIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

3. CARILAH PERBEDAAN ANTARA SURAT PRIBADI PADA HALAMAN 254-255 ( BUKU BAHASA INDONESIA KELAS 7)​

Jawaban:

1. Kediri, 25 Oktober 2016

Untuk Sahabatku Marchellina Judith

di Jakarta

Assalamualaikum...

Hay Chellin yang cantik, apa kabar? Aku di sini baik-baik saja. Semoga kamu dan keluargamu selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya Lin kita tidak bertemu? Aku masih ingat terakhir kita berjumpa waktu itu kita baru saja naik kelas III dan kamu pindah ke Jakarta. Sekarang aku sudah kelas VI. Kamu juga tentunya. Eh, bagaimana keadaanmu di Jakarta? Pastinya kamu sudah besar dan semakin cantik. Aku dengar kamu sekarang sudah jadi artis cilik ya ? Jika memang demikian, aku turut bahagia dan bangga.

Chellin, sengaja aku tulis surat ini karena aku kangen sama kamu. Aku rindu masa-masa kita bersama dulu. Bermain bersama, bercanda dan belajar bersama. Kita selalu menghabiskan waktu bersama-sama. Kita ini sudah seperti saudara kan ? Masih segar dalam ingatanku, kala itu di hari ulang tahunku, kau hadir dan memberiku kado berwarna biru yang di dalamnya berisi boneka Bernard yang lucu. Mungkin kamu tidak tahu, sampai saat ini, boneka itu masih ada. Meskipun sudah buluk, tapi aku sangat menyayanginya. Kujadikan dia sebagai teman tidurku, karena boneka itu mengingatkanku pada dirimu.

Lin, kapan ya masa-masa kebersamaan itu akan terulang kembali ? Meskipun sekarang kamu sudah menjadi artis terkenal, aku harap kamu tidak melupakanku. Aku disini selalu merindukanmu dan berharap kita bisa betemu lagi.

Sekian dulu ya Lin, kapan-kapan disambung lagi. Kalau ada waktu segera balas suratku ini. Jika kamu tidak membalasnya berarti kamu itu sombong apalagi sekarang sudah punya banyak penggemar. Ingat, anak yang sombong itu temannya syetan hehe. Oh ya, sampaikan salamku kepada papa dan mamamu. Pesanku, jaga diri baik-baik. Jangan lupa belajar. Semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum...

Salam Manis,

Sahabatmu

ttd

Amelia Putri

2. Yayasan Maju Berkembang

SMA Maju Bersama

Jl. Berkembang No. 1, Kota Besar

administrasi@smamajubersama.com | 08112233445566

Kota Besar, 17 Desember 2021

Nomor: 280/YMB/SMA/12-2021

Lampiran: –

Perihal: Pengumuman Libur Semester

Yth. Orang Tua dan Wali Murid

Kelas X, XI, dan XII SMA Maju bersama

Kota Besar

Dengan hormat,

Mempertimbangkan imbauan Pemerintah Kota Besar terkait Penerapan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) di Kota Besar, terdapat perubahan rencana libur semester ganjil 2021 yang tadinya akan diselenggarakan pada tanggal 27 Desember 2021–7 Januari 2022 menjadi ditiadakan.

Peserta didik diharapkan tetap mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan jadwal terkecuali pada tanggal 1 Januari 2022 yang bertepatan dengan hari libur nasional.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, terima kasih perhatian yang telah diberikan dan juga kerja sama yang telah dilakukan. Jaga terus protokol kesehatan di setiap kesempatan.

3. gianti yang merupakan sahabat aim bertanya tentang bagaimana rasanya bersekolah disekolah bertaraf

PENJELASAN: Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk berkomuniasi secara pribadi, bersifat tidak resmi, dan berisi tentang masalah pribadi. Surat pribasi ditulis oleh seorang individu atau perseorangan untuk orang lain atau instansi lain. Oleh karena itu, bahasa dari surat pribadi bersifat pribadi, santai, mudah dipahami, dan komunikatif.

[answer.2.content]